Tuesday, February 4, 2014

Pelatihan Pendamping BIA

Pada akhir pekan lalu, 25-26 Januari 2014 diadakan pelatihan pendamping Bina Iman Anak di Paroki St. Monika, BSD. Pelatihan yang diberikan oleh Panitia dari Komisi Kateketik Keuskupan Agung Jakarta (Komkat KAJ) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembinaan dari teman-teman pendamping Bina Iman dalam mendampingi adik-adik peserta BIA.

Selain belajar hal-hal yang berhubungan dengan perkembangan anak, serta lagu-lagu dan permainan yang mungkin digunakan untuk dinamika kelompok, peserta pelatihan juga sempat belajar membuat program.

Pada hari kedua pelatihan, peserta pelatihan mendapat kesempatan langka untuk mempraktekkan program harian yang dibuatnya dalam kelompok. Selain kesempatan untuk praktek, peserta juga mendapat kesempatan untuk dievaluasi baik oleh teman sesama peserta pelatihan maupun oleh pelatih dari Komkat KAJ.

Banyak hal yang bisa diperoleh dari pelatihan ini. Sayang sekali tidak banyak pendamping BIA dari seluruh BIA yang ada di Paroki dapat hadir. Aspek pembinaan yang ditekankan oleh pihak pelatih mengingatkan peserta untuk selalu menyiapkan terlebih dahulu bahan yang akan dibawakannya pada pertemuan BIA, serta memperhatikan bahan pembinaan yang akan disampaikan.

Kesiapan dan benang merah dari lagu, permainan, dan firman, serta niat hidup baru akan menjadi satu rangkaian pembinaan yang akan lebih mudah diterima oleh adik-adik BIA.

Memang pada kenyataannya banyak kondisi di lapangan yang mungkin akan kurang menunjang pelaksanaan dari teori pelatihan ini. Misalnya, kurangnya jumlah pendamping sehingga dalam satu pertemuan bisa jadi pendamping harus mendampingi anak-anak dari berbagai tingkatan usia.

Berbagai kiat dibagikan untuk membantu peserta dalam mendampingi adik-adik BIA, termasuk juga rekaman lagu-lagu yang bisa digunakan untuk membantu pendamping yang kurang mampu dalam bernyanyi.

Acara pelatihan seperti ini selain memperkaya pengetahuan para pendamping BIA, juga membuat para pendamping saling berkenalan dan memperat hubungan antar pendamping BIA di wilayah dan paroki. Terima kasih buat panitia dari Paroki St. Monika dan teman-teman pelatih Oma Paula, Pak Yongkie, Pak Yoseph dan Bu Vero, serta tim musik yang turut membantu timbulnya inspirasi-inspirasi baru dalam mendampingi adik-adik BIA.

No comments:

Post a Comment